Video Keren! Tukang Cincau Asal Bogor Ini Jago Banget Bahasa Inggris


tidakbiasa.com - Dilihat dari penampilan laki-laki paruh baya yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual es cincau kelapa muda hampir serupa dengan pedagang lainnya.1 Namun ada sesuatu yang menarik dari laki-laki yang bernama Nanang Sukandar ini, karena ternyata Nanang si penjual cincau ini jago ngomong Inggris bahkan bisa juga berkomunikasi dalam bahasa Jerman.

Dilansir dari Tribunnews, jika Anda membeli es cincau dengan Nanang, ia tak akan menjawab Anda dengan bahasa Indonesia melainkan bahasa Inggris Keren kan?. Tak hanya Inggris Nanang yang selalu terlihat lincah ini juga lihai berbahasa Jerman.

Berdasarkan hasil wawancara yang divideokan ini membuktikan jika Nanang dengan lantang dan percaya diri melibas semua pertanyaan yang diajukan dan menjawabnya dengan bahasa Inggris dengan penuh percaya diri, cepat, fasih dan lumayan lugas. Perhatikan video di bawah ini.



Menurut penuturannya, ternyata semua ilmu berbahasa asing ini ia dapatkan dari hobinya membaca buku. Kagum! Ia ternyata setia melahap buku-buku dari penulis internasional. Memang hobi yang jarang digeluti oleh banyak pedagang umumnya, apalagi saat ini Nanang sudah berusia 52 tahun.

"Saya suka membaca, buku yang paling saya suka itu Das Kapital karya Karl Marx dan buku tentang Politik Lebensraum," ucap Nanang yang menggangap buku sebagai jendela pengetahuan.

"Knowledge is power (pengetahuan adalah kekuatan)," tegas Nanang, warga Bondongan, Kota Bogor tersebut.

Lelaki lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Yatek, Bogor ini sebelumnya pernah bekerja di bengkel pada 1995 hingga 1997. Selanjutnya Nanang membuka bisnis usaha las karbit. Sayang, usahanya itu harus gulung tikar pada 2005 karena kehabisan modal. Kemudian pada 2005 hingga 2010, Nanang bekerja sebagai pemandu wisata di perusahaan travel.

Dan sejak 2012, Nanang banting stir berdagang es cincau di Jalan Padajajaran, Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. "Saya cuma tamatan SMK, namun saya mau belajar dan mempraktikannya sambil berjualan Es Cincau Kelapa Muda," ucapnya.

Sangat patut ditiru semangat dan kerja keras dari Pak Nanang ini. Keren deh pak. Semoga sukses dan bahagia dunia dan akhirat!