Ini Tips Ampuh Agar Anak-anak Anda Doyan Makan Sayuran

tidakbiasa.com - Seringkali kita mengalami atau menemukan bahwa anak-anak kita tidak suka makan sayuran. Padahal seperti yang kita ketahui, sayuran adalah makanan yang kaya akan kandungan gizi dan berbagai vitamin. Tentunya, orang tua akan merasa khawatir jika gizi anak-anaknya kurang baik.


Banyak orang tua yang gemas dan akhirnya menggunakan cara ‘memaksa’ agar mereka mau makan sayur. Namun, pastinya cara memaksa tentu tidak baik hasilnya.

Well, langsung saja deh nih kami coba berikan beberapa tips agar anak-anak kita mau makan sayuran tanpa dipaksa.

1. Kenalkan satu per satu.

Cobalah kenalkan satu per satu semua jenis buah dan sayur yang diperbolehkan untuk bayi dan anak. Diawali dengan wortel, kemudian pisang, jeruk dan seterusnya. Tak perlu dalam jumlah banyak. Namun lakukan secara konsisten.

2. Hidangkan dengan sederhana.

Tak perlu terlalu banyak bumbu. Biarkan lidah si kecil menikmati manisnya rasa wortel kukus atau rasa khas sayur bayam berkuah bening.

3. Sajikan dalam bentuk permainan.

Dunia anak identik dengan bermain. Tak ada salahnya mencoba menampilkan wortel dalam bentuk bunga, buncis menyerupai bentuk dinosaurus, atau jus sayuran berhiaskan sedotan warna-warni. Contoh lain, buat telur dadar lalu letakkan di atas piring. Bentuk matanya dengan irisan sosis, hidungnya dengan irisan daun selada, mulutnya dengan wortel dan telinganya dengan irisan tomat atau sesuaikan dengan kreativitas Anda sendiri dengan kesukaan anak Anda.

4. Jadilah contoh bagi anak.

Pada dasarnya anak adalah peniru ulung kebiasaan orang-orang terdekat. Jadikan poin ini sebagai langkah Anda untuk mengajaknya menyukai sayuran. Perlihatkan pada mereka betapa kedua orangtuanya sangat menyukai sayuran. Jadikan sayuran sebagai menu wajib yang tersedia di meja makan, yang disantap oleh seluruh anggota keluarga.

5. Pilih alat makan sesuai seleranya.

Saat ini banyak alat makan seperti piring maupun sendok yang bergambar aneka karakter tokoh kartun. Nah, kita bisa menggunakan alat-alat tersebut sebagai salah satu daya tarik anak untuk mengonsumsi buah dan sayur.

6. Ciptakan suasana menyenangkan di meja makan.

Anak akan merasa nyaman sehingga ia bernafsu untuk makan. Nafsu yang besar membuat anak lebih mudah mengonsumsi apa saja yang terhidang, termasuk sayur.

7. Hindari junk food.

Rasanya yang sangat gurih sering kali membuat anak tak suka pada sayuran karena lidahnya sudah terbiasa dengan rasa yang kuat dari junk food tersebut.

8. Mengajak anak berbelanja.

Jelajahilah lorong sayuran di pasar atau supermarket [astilah menarik minta anak untuk mengenali segala jenis yang terhidang di sana. Beri kesempatan dia untuk memilih sayuran yang diinginkannya.

9. Ajak anak ke dapur.

Hore, pasti dia akan berteriak senang ketika mendapat tugas membantu ibu di dapur. Beri tugas sederhana sesuaikan dengan usianya. Semisal, memotong wortel atau tomat. Atau memetik daun bayam untuk anak yang lebih kecil.

10. Biasakan makan bersama sebagai agenda penting keluarga.

Makan bersama selalu menyenangkan asal dilakukan dengan suasana menyenangkan. Nah, anak akan lebih banyak mengonsumsi sayuran saat mereka makan bersama orangtuanya. Nah, berilah contoh dengan memperlihatkan betapa orangtua menikmati makan sayur.

Membiasakan anak untuk makan buah dan sayuran memang tidak bisa terjadi dengan instan, namun ada proses yang membutuhkan waktu. Tapi kalau anak Anda sudah mau bisa menikmati sajian sayuran dan buah tanpa masalah, manfaat buah dan sayuran tersebut bagi kesehatannya tentu sebanding dengan usaha Anda.

Selamat mencoba! Jangan lupa tekan share ya bunda agar lebih bermanfaat untuk yang lain dan semoga menjadikan anak Indonesia sehat dan suka makan sayur. Wassalam.