Waduh Ternyata Es Batu Itu Lebih Kotor Dari Air Toilet! Wajib Tahu Nih

tidakbiasa.com - Sebuah penelitian membuktikan bahwa es yang biasa kita temukan dan bahkan sering kita konsumsi di restoran cepat saji ternyata lebih kotor dibandingkan air toilet.


Seorang siswa yang bernama Jasmine Roberts mengumpulkan sampel es batu dari lima restoran cepat saji terbaik asal Amerika. Perempuan yang baru berusia 12 tahun ini meneliti es batu yang berasal dari mesin minuman dan es yang berada dalam tempat pemesanan.

Sebagai pembanding kebersihan, Jasmine juga mengambil sampel dari air toilet dalam restoran tersebut. Selanjutnya, semua sampel diuji di University of South Florida untuk mengetahui kandungan bakteri.

Seperti yang dilansir International Business Times, es batu di restoran memiliki kandungan E.coli lebih tinggi dibandingkan dengan air toilet.

“Dengan ditemukanya bakteri, tidak menjadi alasan kita harus panik. Meski terlihat mengkhawatirkan, ini adalah temuan baru yang menjadi peringatan agar kita lebih waspada di depannya," ujar Dr David Katz, kontributor berita kesehatan untuk Good Morning America.

Menurut Robert dan Jasmine, alasan es menjadi minuman yang kotor dikarenakan mesin es tidak pernah dibersihkan. Di samping itu, banyak pegawai restoran cepat saji mengambil es dengan menggunakan tangan.

Air toilet cenderung bebas bakteri karena berasal dari pasokan air bersih di kawasan perkotaan.

Jasmine tertarik dengan proyek sekolah itu setelah dia membaca artikel tentang bakteri di air yang ada di pesawat dan memutuskan melakukan studi yang sama. Wah wah kalau menemukan fakta begini, bagaimana sobat masih suka minum dengan es batu di restoran? Atau di jalan-jalan? Pikir ulang deh ya.

Jangan lupa bantu share untuk teman-teman kamu. Wassalam.