Inilah Resep Membuat Lemang Yang Super Enak

Bagi sebagian besar ibu-ibu dan pecinta kuliner tentu mengenal makanan yang bernama lemang. Namun, ternyata banyak juga loh yang belum tahu sebenarnya seperti apa sih makanan ini. Baiklah, sedikit dijelaskan dahulu ya.


Lemang adalah makanan khas tradisional yang berasal dari suku Dayak yang hidup di Kalimantan. Bahan dasar lemang adalah beras ketan. Proses memasaknya cukup unik dan tidak biasa karena setelah beras ketan dicampur dengan santan selanjutkan dimasak menggunakan bambu.


Dalam tradisi masyarakat Dayak, lemang dijadikan sebagai makanan untuk pesta adat. Lemang pun merupakan makanan yang populer di tanah Melayu, bahkan sampai negeri Malaysia dan Singapura. Bagi mereka lemang biasa disajikan sebagai makanan wajib di hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Cara penyajian lemang berbeda untuk setiap daerah. Ada yang menyajikan dengan tambahan selai yang manis seperti srikaya, mocca, keju, coklat dan lain-lain. Ada juga yang menyajikan lemang dengan rendang atau lauk pauk gurih lainnya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah resep enak dan gurih membuat lemang dengan mudah.

Bahan :


  • 1 kg beras ketan.
  • 1 liter santan kelapa.
  • 1 sendok teh garam halus.
  • 1 tangkai daun pisang (ambil daunnya saja).
  • 2 batang buluh bambu (bersihkan bagian dalam dari buluh bambu tersebut).

Cara membuat:

Pertama cuci beras ketan terlebih dahulu kemudian keringkan dan tiriskan. Untuk hasil terbaik rendam dahulu selama 3-4 jam lalu cuci dan tiriskan. Selanjutnya, tambahkan santan dan garam kedalam beras ketan yang telah dicuci.

Langkah berikutnya, siapkan bambu yang telah dibersihkan bagian dalamnya lalu lapisi bagian dalam bambu dengan daun pisang.

Setelah itu masukkan beras ketan yang telah diberi santan ke dalam bambu, namun ingat jangan terlalu penuh. Kira-kira 3/4 bagiannya saja. Selanjutnya, tutupi bagian atas bambu dengan daun pisang.

Dan yang terakhir, Nyalakan api bisa menggunakan kayu bakar atau arang untuk membakar bambu yang sudah berisi beras ketan hingga matang. Lihat gambar di atas untuk cara membakar bambu. Jangan lupa membolak-balikan bambu sesekali agar matang secara merata.

Setelah tidak terlalu panas, keluarkan lemang dari bambu tadi lalu potong kecil-kecil dan siap disajikan.

Selamat mencoba resep membuat lemang ini. Silakan dishare juga untuk teman-teman yang lain. Wassalam