Hati-Hati Pesugihan Ini "Menjual" Nama Surat Dalam Al-Quran!

tidakbiasa.com - Masih banyak orang yang mempercayai hal-hal mistis dan juga kepercayaan atau adat istiadat yang berbau kesyirikan di dunia ini. Termasuk di Indonesia masyarakatnya masih banyak yang kurang memahami masalah ini. Contohnya adalah pengalaman seseorang di suatu forum di Internet yang bertanya kepada seorang ustad mengenai pesugihan Al-Fatihah.


Singkatnya ia bertanya apakah pesugihan Al-Fatihah itu boleh dilakukan? Dia ingin membangun usaha namun terlalu banyak terlilit utang sehingga setiap mau usaha tidak ada yang berhasil dilakukan. Dia menambahkan bahwa dalam pesugihan Al-Fatihah kalau beramal 1.000.000 maka akan mendapat sampai 500 juta, dalam tempo 3 hari. Di situ juga menggunakan ayat-ayat Al-Quran dan menggunakan nama Allah.

Apakah dosa jika mempercayai dan melakukan pesugihan tersebut? Bagaimana hukumnya? Karena mungkin tidak dosa ya karena banyak menggunakan ayat Al-Quran. Begitu pikirnya.

Beginilah jawaban sang ustad dan semoga jawaban ini mencerahkan sobat semua yang belum mengetahui. Sesungguhnya pesugihan Al-Fatihah itu bukan solusi. Namun, justru akan semakin menjadi beban berat bagi kehidupan dunia akhirat. Buang jauh-jauh angan “punya uang banyak” yang sifatnya instan. Jika semua orang bisa melakukan hal semacam ini, pemerintah dan masyarakat tidak perlu susah payah mengentaskan kemiskinan rakyat Indonesia. Hal tersebut lebih dekat kepada kesyirikan. Dan tentunya kita tahu bahwa dosa syirik dalam agama Islam tidak akan diampuni sebelum bertaubat.

Islam telah menuntun jika Anda memiliki banyak kesulitan terlebih terlilit utang. Ikutilah Rasulullah. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita sebuah doa, ketika kita terlilit utang dengam membaca

(Allahummak fini bihalalika ‘an haramika, waghnini bifadhlika ‘amman siwaka).

Artinya, “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

Keutamaan doa tersebut:

Dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajariku sebuah doa. Andaikan aku memiliki utang (emas) sebesar Gunung Tsabir, Allah pasti akan memudahkanku untuk melunasinya.”

Kemudian, beliau membaca doa di atas. (HR. Tirmidzi; dinilai sahih oleh Al-Albani)

Semoga semakin membuka wawasan bagi kita. Mari jauhi segala jenis kesyirikan dan berhati-hatilah akan praktik-praktik pesugihan yang berbalut ayat-ayat Allah yang disalahgunakan oleh kelompok pengikut Syaitan yang terkutuk. Wallahu"alam.

Silakan dibagikan jika bermanfaat.