Bolehkah Sumpah Pocong Dilakukan Seorang Muslim? Ini Jawabannya

tidakbiasa.com - Pernahkah Anda mendengar istilah sumpah pocong dalam masyarakat kita? Lalu apa sih sebenarnya atau bagaimanakah hukum dari sumpah tersebut? Pertanyaan tersebut mungkin juga pernah terbersit dalam benak kita karena ada kasus beberapa pejabat dan selebritis yang melakukan sumpah ini. Nah supaya mendapat pencerahan mari kita simak ulasan berikut;


Dalam ajaran agama Islam tidak ada dan tidak ditemukan riwayat atau dalil mengenai sumpah pocong ini. Sehingga jelas Islam tidak mengenal adanya sumpah pocong, hal ini menunjukkan bahwa sumpah pocong bukan berasal dari Islam.

Jika ada sebagian orang Islam dalam masyarakat kita yang melakukan tradisi atau ritual sumpah pocong maka dipastikan ini bukanlah dalil dalam menilai suatu kebenaran dengan kata lain hal ini merupakan kesalahan dan kekeliruan yang mutlak bahkan menjurus pada kesyirikan besar. Barometer kebenaran Islam itu hanyalah Al-Quran dan As Sunnah.

Terakhir masalah sumpah itu sendiri sebenarnya ada dalam Islam, di mana kita tidak boleh bersumpah kecuali atas nama Allah. Rosulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah maka ia telah kufur atau syirik. ” (HR Tirmidzi dari Umar ibnu Khattab). Kita tentu tahu bahwa dosa syirik tidak akan diampuni oleh Allah jika pelakunya tidak sempat bertaubat di dunia.

Dalam hadits lain disebutkan bahwa orang-orang Yahudi mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Sesungguhnya kalian telah berbuat syirik, kalian mengatakan, ‘Atas kehendak Allah dan kehendakku’ dan kalian mengatakan, ‘Demi Ka’bah’…” (HR. Nasa`i dari Qutailah)

Anda perhatikan dari hadits-hadits ini adanya larangan bersumpah dengan selain Allah, meskipun dengan Ka’bah yang padahal ia sebagai baitullah, nah apalagi kalau selain Ka’bah.

Silakan dibagikan jika bermanfaat. Wallahu'alam.