Awas Yang Suka Begadang dan Tidur Larut! Bisa Cepat Terkena Penyakit Mengerikan Ini

tidakbiasa.com - Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak suka mengulur-ngulur waktu untuk tidur setelah selesai sholat Isya.


Apabila tidak ada hal yang urgen dan substansial seperti masalah dakwah ataupun jihad maka beliau menyegerakan tidur setelah sholat Isya kemudian bangun di pertengahan malam atau sepertiga malam untuk sholat malam.

Banyak fakta membuktikan jika kebiasaan menyegerakan tidur setelah Isya ternyata memiliki banyak manfaat medis yang baru diketahui di zaman modern ini.

Sebaliknya, orang yang tidur terlalu malam terancam bahaya kesehatan sebagai berikut:

1. Sistem Imun Melemah

Orang yang biasa tidur larut apalagi begadang sangat membahayakan tubuhnya karena rusaknya sel-sel darah putih. Efek yang akan dirasakan baik jangka pendek maupun panjang adalah kekebalan tubuh menjadi melemah dan rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

2. Diabetes

Kebiasaan tidur larut atau bahkan begadanh dapat merusak hormon di tubuh. Efek untuk tubuh adalah tubuh kita jadi tidak toleran terhadap glukosa karena menurunnya jumlah insulin dalam tubuh. Orang yang tidur terlalu malam menjadi lebih rentan terhadap penyakit diabetes.

3. Sakit Kepala Hingga Kerusakan Otak

Tidur larut malam dapat mengakibatkan tubuh tidak bisa beristirahat dengan baik.
Walaupun misalnya lama durasi tidurnya sama, katakanlah lima atau enam jam, orang yang tidur sebelum tengah malam dan bangun sepertiga malam terakhir akan merasakan kondisi fisik yang lebih prima dan segar.

Sebaliknya, tidur yang terlalu larut malam membuat istirahat tidak efektif. Biasanya  kepala akan terasa berat saat bangun. Tahukah Anda itu adalah tanda gegar otak kecil sedang menyerang.

Jika pola ini berlangsung terus-menerus dalam waktu berkepanjangan, kerusakan otak bisa saja terjadi

4. Kanker Hati

Salah satu penyakit mematikan yang bisa disebabkan karena tidur terlalu malam adalah kanker hati. Bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Salah satunya adalah penelitian para dokter di National Taiwan Hospital menemukan bahwa tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang merupakan penyebab utama kerusakan hati.

Subhanallah. Demikianlah hikmah dari sisi kesehatan menyegerakan tidur yang merupakan salah satu kebiasaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Aisyah radhiyallahu ‘anha menjelaskan kebiasaan beliau ini:
مَا نَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَلَا سَهِرَ بَعْدَهَا
Rasulullah shallaallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah tidur sebelum waktu isya’ dan tidak pernah begadang setelahnya. (HR Ahmad; shahih)

Ibnu Qayyim Al Jauziyah menjelaskan dalam Zadul Ma’ad: “Termasuk kebiasaan beliau adalah tidur di awal malam dan bangun di bagian akhirnya. Terkadang beliau begadang di awal malam untuk mengurusi berbagai kepentingan orang-orang miskin.”

Semoga kita dimudahkan untuk meneladani beliau, dan mendapatkan banyak manfaat dan hikmah berkat meneladani beliau. Wallahu'alam.

Silakan dibagikan jika bermanfaat. Wassalam.