7 Golongan Yang Mendapat Lindungan Dan Naungan Allah di Padang Mahsyar

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Tidak ada manusia yang tidak luput dari kesalahan. Namun, sebaik-baik hamba yang melakukan dosa atau kesalahan adalah dia yang bertaubat dan menyesali perbuatannya dan bertekad kuat untuk tidak mengulanginya. Belajar dari kesalahan dan syukuri apa adanya, karena semua yang kita lakukan pasti akan diminta pertanggungjawaban di hadapan Allah kelak.


Di hari kiamat dan di padang mahsyar nanti, seperti yang banyak diceritakan dalam Al-Quran dan Al Hadist, orang-orang berhamburan kemana-mana dan seisinya berterbangan dengan suasana yang sangat menyeramkan dan mengerikan. Namun Allah akan melindungi dan menaungi 7 golongan berikut ini.

Rasulullah bersabda: “Ada tujuh golongan yang bakal dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu:


  1. Pemimpin yang adil, 
  2. Pemuda yang tumbuh dengan ibadah kepada Allah (selalu beribadah). 
  3. Orang yang hatinya bergantung kepada masjid (selalu melakukan shalat berjamaah di dalamnya), 
  4. Dua orang yang saling mengasihi di jalan Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, 
  5. Orang yang diajak perempuan berkedudukan dan cantik (untuk bezina), tapi ia mengatakan: “Aku takut kepada Allah”, 
  6. Orang yang diberikan sedekah kemudian merahasiakannya sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kanannya, 
  7. Orang yang berdzikir (mengingat) Allah dalam kesendirian, lalu meneteskan air mata dari kedua matanya.” (HR Bukhari)


Demikianlah tujuh golongan yang akan mendapat perlindungan dari Allah yang pada hari itu tidak ada perlindungan kecuali hanya perlindungan Allah. Semoga kita termasuk golongan tersebut. Jika kita merasa belum termasuk, maka belum terlambat mari kita perbaiki diri untuk mendapatkan naungan Allah di hari akhir kelak. Aamiin ya robbal a'lamin.

Silakan dibagikan jika bermanfaat. Wassalam.