Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Setelah Minum Sekaleng Minuman Soda

tidakbiasa.com - Sudah sejak lama soda menjadi minuman yang cukup digemari baik oleh kaum muda dan tua bahkan anak kecil sekalipun. Tak terelakan lagi hari ini minuman bersoda sudah menjadi pilihan mengatasi rasa haus bagi setiap orang. Ditambah dengan promosi yang jor-joran melalui berbagai media massa, maupun elektronik menjadi lengkaplah persepsi minuman bersoda adalah minuman yang trendy, stylish dan enak rasanya (bagi sebagian besar orang).


Namun dibalik itu semua tahukah Anda ternyata minuman soda memiliki dampak negatif bagi tubuh jika berlebihan dikonsumsi? Banyak hal yang akan terjadi dalam tubuh kita setelah meminumnya. Walaupun hanya sekedar minum sekalenh soda. Yuk kita tambah pengetahuan tentang hal yang akan terjadi dalam tubuh kita setelah mengonsumsi segelas atau sekaleng minuman bersoda.

1. 10 Menit Pertama

Ada kandungan sekitar 10 sendok teh gula yang masuk dalam tubuh Anda dari satu kaleng minuman soda. Ini berarti ambang batas maksimal dari konsumsi gula harian Anda telah terpenuhi. Sehingga Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

Di 10 menit pertama, kita tidak langsung mengalami mual karena rasa manisnya hal ini disebabkan kandungan asam fosfor dari soda mampu menetralisirnya.

2. 20 Menit

Kemudian setelah 20 menit minum soda,  kandungan zat gula dalam tubuh akan langsung meningkat dan membuat insulin bekerja sangat ekstra mencernanya. Kemudian liver Anda akan bekerja untuk mengubahnya menjadi lemak.

3. 40 Menit

Selain gula, minuman bersoda juga mengandung kafein. Kafein ini kemudian diserap dalam tubuh secara menyeluruh yang membuat pupil mata membesar, tekanan darah meningkat, dan membuat Anda selalu terjaga.

4. 45 Menit

Kafein akan membuat hormon dopamin aktif diproduksi yang memiliki efek sama dengan heroin.

5. 60 Menit

Dalam waktu sejam setelah minum soda, kandungan kalsium, magnesium, dan zat besi dalam tubuh diikat oleh asam fosfor. Hal ini diperparah pula dengan tingginya gula dan pemanis buatan dalam soda yang membuat frekuensi produksi air kencing meningkat. Sehingga tak jarang setelah minum soda, justru Anda merasa haus.

6. Lebih dari 60 menit

Seiring dengan seringnya Anda kencing, maka kalsium, magnesium, dan zat besi yang tadinya diikat juga akan luruh di dalam air kencing Anda. Anda bisa kehilangan elektrolit dan cairan dalam tubuh.

Selain efek tersebut, banyak minum soda juga akan memperlambat sistem metabolisme tubuh Anda dan Anda akan semakin senang mengonsumsi makanan manis. Akibatnya, tubuh terasa berat dan Anda jadi sering mengantuk. Bahkan terlalu banyak minum soda akan mengakibatkan obesitas atau kegemukan yang bisa banyak menyebabkan banyak penyakit komplikasi menghinggapi tubuh Anda.

Nah bagaimana masih berani minum soda?